UAS
Nama : Mutiara Pradina
Kelas : Management B
NIM : 01219008
1. Dalam mengelola sebuah bisnis, para pebisnis dihadapkan pada
lingkungan internal dan eksternal. Sebutkan berbagai pihak (siapa
saja) yang ada pada lingkungan tersebut dan bagaimana peran
mereka?
Jawab :
untuk itu seharus pihak sektor formal harus dalam lingkungan eksternal karena sektor formal adalah para pekerja yang membutuhkan tingkat pendidikan memadai jadi tugas mereka adalah bekerja dengan baik dalam bisnis di lingkungan tersebut
pihak yang informal harus berada di internal karena berbeda dengan formal informal merupakan para pekerja yang bekerja di lingkungan usaha tidak resmi jadi tugas mereka harus memaksimalkan kebisniaan
2. Etika bisnis sangat penting bagi kelangsungan dan kelangenggan
suatu usaha.
a. Apakah yang di maksud etika bisnis
Jawab :
Etika Bisnis adalah cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, dan masyarakat. Etika bisnis memiliki peranan penting karena dapat membentuk nilai, normal, serta perilaku karyawan dan pimpinan guna membangun hubungan adil dan sehat dengan mitra kerja, pemegang saham, atau masyarakat
b. apakah yang di maksud Corporate Social Responsibility ( CSR )
dan berilah contoh penerapannya
Jawab:
Pengertian CSR (Program Corporate Social Reponsibility) secara umum adalah bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap lingkungan sekitar, sederhananya bahwa setiap bentuk perusahaan mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan lingkungan sekitarnya melalui program-program social, yang ditekankan adalah program pendidikan dan lingkungan. Dengan postingan Pengertian, Fungsi dan Manfaat CSR (Corporate Social Responsibility) ini akan saya ulas secelumit soal CSR (Corporate Social Reponsibility).
Contoh program CSR seperti yang sudah dilakukan PT.Unilever diantaranya adalah
• Kampanye cuci tangan dengan sabun (Lifeboy)
• Program edukasi kesehatan gigi dan mulut (Pepsodent)
• Program pelestarian makanan tradisional (Bango) dan masih
3. Bentuk usaha sangat penting bagi legalitas suatu usaha. oleh
karena itu suatu usaha perlu memiliki struktur organisasi untuk
memperjelas peran sumberdaya yang ada.
a. Sebut dan jelaskan ciri-ciri bentuk usaha!
Jawab :
4. kemampuan manajer sangat penting dalam mengelola operasional
perusahaan. ada 3 kemampuan manajer yaitu: Conceptual skills,
Human skills, dan Technical skills. Jelaskan penerapan kemampuan
tersebut.
Jawab :
5. Apabila saudara adalah seorang konsultan manajemen dan
membantu merekomendasikan bentuk kepemilikan bisnis apakah
yang tepat pada situasi berikut:
a. empat orang dokter ingin mendirikan praktek bersama dan
masing-masing ingin memiliki kewajiban yang terbatas
b. seorang teman ingin membuka toko kelontong miliknya sendiri
c. Seorang pengusaha ingin membeli bisnis baja besar
d. Lia orang teman ingin membangun sebuah komplek
apartemen dan sangat memikirkan tentang tangung jawab
terbatas
6. Saudara sudah mengamati sebuah bisnis yang erada di lingkungan
sekitar tempat tinggal. jelaskan apakah hasil pengamatan yang
menarik dan yang perlu memperoleh perhatian ( perlu dibantu
pengembangannya)?
Jawab :
yang perlu di bantu saat ini adalah ukm yg belum tergabung dalam online. seperti tukang bakso yang masih jualan oflline.
Kelas : Management B
NIM : 01219008
1. Dalam mengelola sebuah bisnis, para pebisnis dihadapkan pada
lingkungan internal dan eksternal. Sebutkan berbagai pihak (siapa
saja) yang ada pada lingkungan tersebut dan bagaimana peran
mereka?
Jawab :
untuk itu seharus pihak sektor formal harus dalam lingkungan eksternal karena sektor formal adalah para pekerja yang membutuhkan tingkat pendidikan memadai jadi tugas mereka adalah bekerja dengan baik dalam bisnis di lingkungan tersebut
pihak yang informal harus berada di internal karena berbeda dengan formal informal merupakan para pekerja yang bekerja di lingkungan usaha tidak resmi jadi tugas mereka harus memaksimalkan kebisniaan
2. Etika bisnis sangat penting bagi kelangsungan dan kelangenggan
suatu usaha.
a. Apakah yang di maksud etika bisnis
Jawab :
Etika Bisnis adalah cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, dan masyarakat. Etika bisnis memiliki peranan penting karena dapat membentuk nilai, normal, serta perilaku karyawan dan pimpinan guna membangun hubungan adil dan sehat dengan mitra kerja, pemegang saham, atau masyarakat
b. apakah yang di maksud Corporate Social Responsibility ( CSR )
dan berilah contoh penerapannya
Jawab:
Pengertian CSR (Program Corporate Social Reponsibility) secara umum adalah bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap lingkungan sekitar, sederhananya bahwa setiap bentuk perusahaan mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan lingkungan sekitarnya melalui program-program social, yang ditekankan adalah program pendidikan dan lingkungan. Dengan postingan Pengertian, Fungsi dan Manfaat CSR (Corporate Social Responsibility) ini akan saya ulas secelumit soal CSR (Corporate Social Reponsibility).
Contoh program CSR seperti yang sudah dilakukan PT.Unilever diantaranya adalah
• Kampanye cuci tangan dengan sabun (Lifeboy)
• Program edukasi kesehatan gigi dan mulut (Pepsodent)
• Program pelestarian makanan tradisional (Bango) dan masih
3. Bentuk usaha sangat penting bagi legalitas suatu usaha. oleh
karena itu suatu usaha perlu memiliki struktur organisasi untuk
memperjelas peran sumberdaya yang ada.
a. Sebut dan jelaskan ciri-ciri bentuk usaha!
Jawab :
1. ciri - ciri Badan Usaha/Perusahaan Perseorangan atau Individu:
-relatif mudah didirikan dan juga dibubarkan
·tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi
- tidak ada pajak, yang ada adalah pungutan dan retribusi
- seluruh keuntungan dinikmati sendiri
·sulit mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri
2. Ciri - ciri Badan Usaha/Perusahaan Persekutuan :
a.Ciri-ciri Firma:
# Para sekutu aktif di dalam mengelola perusahaan.
# Tanggung jawab yang tidak terbatas atas segala resiko yang terjadi.
# Akan berakhir jika salah satu anggota mengundurkan diri atau meninggal dunia.
b. Ciri-ciri CV sebagai berikut:
* Sulit untuk menarik modal yang telah disetor.
* Modal besar karena didirikan banyak pihak.
*Mudah mendapatkan kridit pinjaman.
* Ada anggota aktif yang memiliki tanggung jawab tidak terbatas dan ada yang pasif.
* Relatif mudah untuk didirikan.
* Kelangsungan hidup perusahaan cv tidak menentu.
3. Ciri - ciri Perseroan Terbatas / PT / Korporasi / Korporat
> Kewajiban terbatas pada modal tanpa melibatkan harta pribadi.
>Modal dan ukuran perusahaan besar.
>Kelangsungan hidup perusahaan pt ada di tangan pemilik saham.
> Dapat dipimpin oleh orang yang tidak memiliki bagian saham.
> Kepemilikan mudah berpindah tangan.
> Mudah mencari tenaga kerja untuk karyawan/pegawai.
> Keuntungan dibagikan kepada pemilik modal/saham dalam bentuk dividen.
> Kekuatan dewan direksi lebih besar daripada kekuatan pemegang saha
> Sulit untuk membubarkan pt.
> Pajak berganda pada pajak penghasilan/pph dan pajak deviden.
b. Gambarkan satu jenis organisasi!4. kemampuan manajer sangat penting dalam mengelola operasional
perusahaan. ada 3 kemampuan manajer yaitu: Conceptual skills,
Human skills, dan Technical skills. Jelaskan penerapan kemampuan
tersebut.
Jawab :
Keterampilan Konseptual (Conceptual Skills)
Keterampilan Konseptual adalah kemampuan manajer untuk melihat keseluruhan organisasi sebagai suatu entitas yang lengkap. Keterampilan Konseptual ini meliputi pemahaman tentang kerjasama setiap unit kerja dalam organisasi beserta pemahaman tentang ketergantungan satu unit kerja dengan unit kerja lainnya, perubahan pada suatu unit kerja juga akan mempengaruhi unit kerja atau bagian lainnya. Keterampilan ini meliputi pemahaman tentang hubungan antar institusi, industri dan masyarakat serta pemahaman tentang pengaruh faktor-faktor politik, sosial dan kondisi ekonomi suatu negara terhadap bisnis perusahaannya. Dengan pemahaman-pemahaman tersebut, seorang manajer tingkat tinggi atau Top Management dapat memahami kondisi bisnis secara keseluruhan dan mengambil tindakan yang tepat untuk kesuksesan organisasinya.
Keterampilan Konseptual ini sangat penting bagi Manajement Tingkat Tinggi (Top Management) namun kurang penting bagi manajemen tingkat menengah dan tidak diharuskan untuk manajemen tingkat pertama. Keterampilan Konseptual ini juga sering disebut dengan Keterampilan Analisis (Analytical Skill) ataupun Keterampilan Perseptual (Perceptual Skill).
Keterampilan Berhubungan dengan Orang lain (Humanity Skills)
Keterampilan berhubungan dengan Orang lain atau Humanity Skill ini adalah kemampuan manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasinya serta membangun pemahaman dan usaha kooperatif dalam tim yang dipimpinnya. Keterampilan ini akan memungkinkan para manajer untuk menjadi pemimpin dan memotivasi karyawannya untuk mendapatkan prestasi kerja yang lebih baik. Selain itu, para Manajer juga harus dapat memanfaatkan potensi karyawannya secara efektif di perusahaan.
Komunikasi juga merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam Keterampilan ini. Komunikasi yang baik dan efektif akan memberikan dampak positif terhadap karir manajer yang bersangkutan dan juga dalam pencapain tujuan organisasi. Keterampilan berhubungan dengan orang lain atau Humanity Skill ini penting bagi semua tingkatan manajemen di suatu organisasi atau perusahaan. Keterampilan ini juga disebut sebagai Keterampilan Interpersonal (Antarpribadi) atau Human Skill (keterampilan kemanusiaan).
Keterampilan Teknis (Technical Skills)
Keterampilan Teknis ini adalah Kemampuan atau pengetahuan untuk menggunakan teknik tertentu dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu. Contohnya seperti kemampuan dan pengetahuan untuk merancang produk, memperbaiki mesin, mengoperasikan mesin, merakit komputer, membuat program komputer, menyiapkan pembukuan dan laporan keuangan, menjual produk, menciptakan lagu, memasak makanan dan lain sebagainya. Keterampilan Teknik ini merupakan keterampilan yang penting bagi manajer di tingkat pertama namun kurang penting atau tidak wajib untuk dimiliki oleh manajemen tingkat atas.
5. Apabila saudara adalah seorang konsultan manajemen dan
membantu merekomendasikan bentuk kepemilikan bisnis apakah
yang tepat pada situasi berikut:
a. empat orang dokter ingin mendirikan praktek bersama dan
masing-masing ingin memiliki kewajiban yang terbatas
b. seorang teman ingin membuka toko kelontong miliknya sendiri
c. Seorang pengusaha ingin membeli bisnis baja besar
d. Lia orang teman ingin membangun sebuah komplek
apartemen dan sangat memikirkan tentang tangung jawab
terbatas
6. Saudara sudah mengamati sebuah bisnis yang erada di lingkungan
sekitar tempat tinggal. jelaskan apakah hasil pengamatan yang
menarik dan yang perlu memperoleh perhatian ( perlu dibantu
pengembangannya)?
Jawab :
yang perlu di bantu saat ini adalah ukm yg belum tergabung dalam online. seperti tukang bakso yang masih jualan oflline.
Komentar
Posting Komentar